Semester I, Realisasi Penerimaan PBB Baru 17,21 %

Jakarta - Hingga semester I/2015, realisasi penerimaan Pajak Bumi Bangunan Perkotaan dan Perdesaan (PBB-P2) di DKI Jakarta mencapai Rp 1,37 triliun. Atau sebesar 17,21 persen dari target penerimaan PBB-P2 yang ditetapkan sebesar Rp 8 triliun.

Kepala Dinas Pelayanan Pajak DKI Jakarta, Agus Bambang Setiowidodo mengatakan penerimaan ke kas daerah untuk jenis pajak PBB-P2 tahun 2015 mengalami kenaikan sekitar Rp 1,5 triliun.

Bila dibandingkan penerimaan PBB-P2 yang ditargetkan dalam APBD DKI 2014 sebesar Rp 6,5 triliun dan realisasi penerimaan semester I tahun lalu sebesar Rp 840, 59 miliar atau sekitar 12,93 persen.

"Jadi, jika dibandingkan dengan tahun lalu, realisasi penerimaan 2015 mengalami peningkatan sekitar 4 persen lebih," kata Agus, Jumat (10/7).

Diungkapkannya, realisasi penerimaan PBB-P2 akan terlihat sepenuhnya saat jatuh tempo pembayaran terakhir pada 31 Agustus mendatang.

Karena pada saat itu, warga akan membayar pada triwulan terakhir atau menjelang akhir tahun. Disitu baru kelihatan realisasi penerimaan PBB-P2 yang telah tercapai sesuai target atau tidak.

"Ada sebagian Wajib Pajak (WP) yang setelah menerima Surat Pemberitahuan Pajak Tertunggak (SPPT) PBB P2 langsung menyetorkan kewajiban atau pembayaran dilakukan pada batas akhir jatuh tempo. Tapi, sebagian besar warga Jakarta baru menunaikan kewajibannya pada triwulan terakhir atau menjelang akhir tahun," paparnya.

Lenny Tristia Tambun/FQ

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.