Target Pajak Tidak Tercapai, Pemerintah Siap Ambil Pinjaman

Jakarta -Pemerintah sudah punya rencana cadangan alias Plan B jika target pajak tahun ini tidak tercapai. Rencananya pemerintah akan mengambil pinjaman.

"Kalau sekarang kita kekuranagn pajak, kita gunakan pinjaman. Pinjaman program dan lain-lain. Kalau yang tahun ini tidak tercapai, kita sudah siap Plan B untuk dapatkan pinjaman," kata Menko Perekonomian Sofyan Djalil di kantor Wapres, Jakarta, Senin (6/7/2015).

Selain itu, kata Sofyan, pemerintah juga bisa memanfaatkan Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran alias Silpa yang selalu ada setiap tahun.

"Kan tiap tahun ada Silpa, jadi kalau itu menjadi ukuran berarti dari penyerapan akan ada silpa sekitar 10%. Nah, ukuran lain akan kita gunakan pinjaman program yang disediakan lembaga multilateral," ungkapnya.

Seperti diketahui, pemerintah menargetkan penerimaan pajak tahun ini sebesar Rp 1.294 triliun atau meningkat sekitar 44% dari tahun sebelumnya. Target agresif ini tak lain untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi Indonesia ‎yang saat ini tengah lesu.

"Saya pikir target itu memang sangat cukup besar, tapi kan ada effort khusus. Nanti tunggu saja pidato presiden," ucapnya.

(ang/rrd)

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.