Terbukti Melakukan Pidana Perpajakan, Pemilik Perusahaan CV Lestari Jaya Dijatuhi Hukuman Oleh Pengadilan Negeri Sukoharjo

Hakim Pengadilan Negeri Sukoharjo (PN) Sukojarjo menjatuhkan vonis hukuman penjara 2 Tahun 8 bulan dan denda 2 kali jumlah kerugian negara sebesar Rp 10.465 M, subsider kurungan penjara 6 bulan kepada terdakwa Vinod Kumar Agarwal. Vonis dijatuhkan setelah beberapa kali sidang yang dilakukan di Pengadilan Negeri Sukoharjo.

Vonis ini lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menuntut terdakwa dengan penjara 4 tahun ditambah dengan denda 2 kali kerugian Negara yang ditimbulkan oleh tindakan terdakwa. Atas tindakan terdakwa ini, Negara dirugikan sebesar Rp 10, 465 Miliar, terdakwa dinilai memenuhi semua unsur pidana sebagaimana dalam dakwaan Pasal 39 Ayat (1) huruf c juncto Pasal 43 (1) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2000 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.

Vinod dinyatakan sebagai dalang kasus rekayasa Surat Pemberitahuan (SPT Tahunan) Pajak tahun 2004 sampai dengan 2007 untuk mencairkan restitusi atau pengembalian kelebihan pembayaran Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang merugikan Negara sebesar Rp 10,465 Miliar.

Dari persidangan di ketahui bahwa Vinod Kumar Agarwal merupakan pemilik sekaligus pengendali utama CV Lestari Jaya yang di pimpin oleh Sasanti Dwi Utami yang telah di Vonis Penjara pada siding putusan sebelumnya. Sasanti adalah orang yang menanda tangani SPT bermasalah tersebut.

Setelah dibacakan putusan, Vinod Kumar agarwal berkonsultasi dengan pengacaranya dan menyatakan piker-pikir terlebih dahulu, apakah akan menerima atau mengajukan banding atas putusan Hakim. Sementara dari Jaksa Penuntut Umum Kejari Sukoharjo juga menyatakan hal yang sama.


Sumber: pajak.go.id

Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.