Tim Penyuluh KPP Pratama Merauke Buka Isolasi Pelayanan Pajak di Perut Papua

Kabupaten Mappi merupakan salah satu Kabupaten yang masuk kedalam wilayah kerja Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Merauke. Diperlukan waktu kurang Lebih 1 Jam menggunakan pesawat perintis untuk dapat mencapainya dari Kota Merauke.

Fakta di lapangan menunjukkan bahwa Wajib Pajak di Kabupaten Mappi sangat kurang memperoleh informasi perpajakan terlebih lagi dapat memenuhi hak dan kewajiban perpajakan. Kendala Geografis pulau Papua lagi-lagi merupakan masalah klasik yang harus bisa dipecahkan oleh jajaran KPP Pratama Merauke untuk dapat memberikan pelayanan perpajakan sehingga Wajib Pajak dapat memenuhi hak dan kewajiban perpajakannya.

Untuk itu KPP Pratama Merauke sebagai unit vertikal Direktorat Jenderal Pajak berusaha untuk merubah keisolasian tersebut dengan kegiatan-kegiatan penyuluhan yang dilaksanakan di Kepi Ibukota Kabupaten Mappi walaupun upaya ini membutuhkan usaha yang keras, terus menerus dan berbiaya tinggi agar Wajib Pajak di Kabupaten Mappi dapat “melek” pajak.

Salah satu Kegiatan penyuluhan tersebut dilaksanakan pada tanggal 11 Juni 2015 untuk Bendahara Daerah dan pada tanggal 12 Juni 2015 untuk anggota Gapensi (Gabungan Pengusaha Konstuksi) dan Ardin (Asosiasi Rekanan Pengadaan dan Leveransir) di Kabupaten Mappi yang dilaksanakan oleh Tim dari KPP Pratama Merauke yang terdiri dari Jatmiko Setyawan sebagi ketua tim dan anggota Azrizal Wira Prastawa dan Rizky Agung Sukma Sarjana Putra.

Fokus dari kegiatan tersebut yang utama adalah pelaksanaan hak dan kewajiban perpajakan bagi Bendahara SKPD di lingkungan Kabupaten Mappi dan Rekanan Penyedia Barang dan Jasa kepada Pemerintah Daerah. Tidak dapat dipungkiri di Kabupaten Mappi ini perekonomian daerah sebagian besar masih bersumber dan didominasi pengeluaran oleh pemerintah daerah mengingat tidak ada potensi lain baik di sektor industri maupun jasa yang dilakukan oleh swasta.

Antusiasme para peserta cukup tinggi yang disebabkan oleh langkanya kegiatan sosialisasi perpajakan yang dilaksanakan di Kabupaten Mappi. Banyak pertanyaan mendasar perpajakan yang perlu dijelasakan kepada Wajib Pajak termasuk diantaranya Kewajiban memiliki NPWP, Kewajiban menyampaikan SPT Tahunan dan Masa, pemotongan dan pemungutan pajak, perhitungan pajak serta penyetoran pajak.

Upaya ini merupakan salah satu langkah “ikhtiar” dari KPP Pratama Merauke agar dapat mengamankan target penerimaan pajak sebesar 785 Milyar rupiah. Dengan upaya-upaya ini diharapkan penerimaan pajak dari daerah-daerah pedalaman di Papua Selatan dapat teradministrasikan dengan baik sehingga dapat menyumbang penerimaan pajak bagi negara yang notabene pajak-pajak tersebut akan dikembalikan ke daerah dalam bentuk pembangunan, karena #PajakMilikBersama


Sumber: pajak.go.id

Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.