Tindak Parkir Liar di Jakarta, Gubernur Gandeng TNI/Polri

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjajaha Purnama berniat menggandeng TNI/Polri untuk menindak parkir liar yang selama ini terjadi di ibukota. Pria yang akrab disapa Ahok ini menyebutkan, dari potensi pendapatan parkir sebesar Rp1,8 triliun, pemprov hanya mendapat sekitar Rp 23 hingga Rp 25 miliar. Jika kerja sama ini terlaksana, ia bersedia menyisihkan Rp 200 miliar pada petugas lapangan yang membantu penertiban.

"Saya sedang merancang bagaimana setiap pajak pendapatan boleh kami tarik 2-3 persen sebagai insentif untuk perwira TNI/Polri. Coba kalau bisa dapat Rp 1,8 triliun itu, kita bisa kasih Rp 200.000 sampai Rp 300.00 ke petugas yang di lapangan," ujar Ahok di Kodam Jaya, Jakarta Timur, Senin (27/7).

Ia menjelaskan, pendapatan parkir di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara saja saat ini mencapai Rp 30 juta per hari. Sedangkan di kawasan Sabang, Jakarta Pusat mencapai Rp 10 hongga 12 juta.

Ahok juga berencana membuat peraturan gubernur (pergub) terkait pemberian insentif sebesar Rp 250.000 per bulan dan uang makan Rp 48.000 per hari bagi anggota TNI/Polri. Kendati telah ada kenaikan remunerasi, Ahok menilai jumlah yang didapat saat ini belum bisa memenuhi kebutuhan keluarga.

"Saya sadar TNI/Polri sekarang jauh lebih baik tapi belum bisa memenuhi semua kebutuhan keluarga. Makanya saya rancang aturan ini supaya ada uang saku untuk TNI/Polri," imbuhnya.

Mantan Bupati Belitung Timur ini juga berencana memberikan akses gratis naik bus Transjakarta bagi anggota TNI/Polri yang masih aktif. Hal ini terkait dengan akses gratis bagi pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP) selama pelaksanaan Jakarta Book Fair mulai 27 Juli hingga 3 Agustus mendatang.

"Sekarang lagi uji coba bagi pemegang KJP. Ke depannya TNI/Polri yang aktif juga akan digratiskan, tidak hanya Transjakarta tapi juga Kopaja," katanya.

Priska Sari Pratiwi/MUT

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.