Turun, Menkeu Genjot Penerimaan Pajak Sampai 91 %

Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro mengaku melaporkan perkembangan penerimaan pajak dan outlook tahun 2015 ini, kepada Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK).

Namun, Bambang enggan menjelaskan lebih detil mengenai laporan yang disampaikannya kepada JK. Sebaliknya, hanya mengatakan bahwa laporannya sama dengan yang disampaikan ke DPR.

Walaupun, disampaikannya bahwa target penerimaan pajak kemungkinan turun sampai Rp 120 triliun, pada tahun 2015 ini.

"Intinya, sudah 40 persen (penerimaan pajak dari target) dan kita sudah jelaskan strategi untuk mengejar target sampai akhir tahun dengan kemungkinan short fall (penurunan penerimaan pajak) sampai Rp 120 triliun. Tetapi, kita sudah tahu bagaimana menutupi pelebaran defisitnya," kata Bambang di kantor Wapres, Jakarta, Rabu (15/7).

Salah satu caranya, lanjut Bambang, adalah dengan mengejar penerimaan pajak sampai 91 persen hingga akhir tahun ini.

"Memungkinkan 91 persen itu adalah kurangnya. Kalau 91 persen nya terkejar maka kondisinya aman karena defisit cuma akan naik ke 2,2 persen," ujarnya.

Hanya saja, Bambang enggan menjelaskan lebih detil perihal strategi pemerintah meningkatkan penerimaan pajak tersebut.

Seperti diketahui, penerimaan pajak hingga semester I tahun 2015 mencapai Rp 555,2 triliun atau 37,3 persen dari target dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Sementara itu, penerimaan negara bukan pajak (PNBP) telah mencapai Rp142 triliun atau 52,8 persen. Sedangkan, belanja negara, pada semester I tahun 2015, telah mencapai Rp773,9 triliun atau 39 persen dari pagu total belanja.

Kemudian, belanja kementerian/lembaga mencapai Rp 208,5 triliun atau 26,2 persen dari pagu. Sementara, belanja non kementerian/lembaga sudah mencapai Rp 227,6 triliun atau 43,4 persen.

Suara Pembaruan

Novi Setuningsih/FQ

Suara Pembaruan

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.