Basement Ditjen Pajak Dilalap Api

indopos.co.id – Kebakaran di Ibu Kota terus terjadi. Kemarin (31/7) giliran Gedung Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak di Jalan Gatot Subroto Jakarta Selatan dilalap api pukul 05.00. Api baru berhasil dipadamkan sekitar empat jam kemudian. Perlu 22 unit mobil DPK (Dinas Pemadam Kebakaran) yang diturunkan untuk menjinakkan dan memadamkan amukan si jago merah tersebut.

Menurut keterangan Kasudin Pemadam Kebakaran Jakarta Selatan, Irwan api berasal dari lantai basement gedung Ditjen Pajak yang diduga dipicu oleh ledakan mesin travo listrik di lantai itu.

Menurutnya juga, pihaknya harus menerjunkan 22 unit mobil pemadam untuk menjinakkan api yang berkobar cukup besar itu, termasuk mobil DPK bantuan dari Jakarta Pusat dan Jakarta Barat berikut 110 personelnya.

"Titik api berasal dari travo yang ada di lantai basement. Sudah kami padamkan sekitar pukul 08.30," ujar Irwan.

Dia menambahkan, pihaknya sudah mengecek mulai lantai basement yang terbakar hingga lantai 2,lantai 3, dan lantai 4, dan hasilnya sama sekali tidak ditemukan lagi api meski secuilpun. Irwan juga bersyukur dalam memadamkan api pihaknya diuntungkan karena sumber air dari Kali Krukut masih melimpah sehingga bisa diandalkan, meski musim kemarau sudah berbulan – bulan.

"Posisi basement yang mempunyai dua pintu di sisi timur dan sisi barat juga memudahkan aliran udara sehingga asap segera keluar, ketika kami masuk dari pintu timur untuk memadamkan api, angin juga pas berhembus dari arah timur, karenanya asap cepat keluar melalui pintu barat," terangnya juga di lokasi kebakaran, Jumat (31/7).

Dia juga bersyukur akibat ledakan pada mesin travo yang membuatnya mesin itu hangus, namun tak ada motor dan mobil yang terparkir di lantai basement itu juga ikut terbakar. Namun Irwan mengaku belum mengetahui apa penyebab mesin travo itu meledak.

"Saat ini yang masih dilakukan terus melakukan proses pendinginan dan mengindetifikasi kerugian," tandasnya.

Sedangkan Kasubdit Humas Ditjen Pajak, Ani Natalia mengatakan tidak ada korban jiwa dan terluka dalam kejadian itu. Selain itu, dia memastikan tak ada satupun dokumen penting yang terbakar. Namun ia menegaskan, sementara ini karyawan memang belum bisa diizinkan masuk ke dalam gedung karena pekatnya asap hitam, dan jaringan listrik yang masih mati total.

"Jadi meskipun basement ini merupakan tempat parkir tak ada korban jiwa dan luka atau kendaraan yang terbakar akibat peristiwa itu. Selain itu, server dan jaringan juga aman sehingga tidak ada dokumen yang terbakar atau rusak, karena api tak menyentuh lantai yang berisi jaringan server dan penyimpanan dokumen. Karena ruang penyimpanan dokumen itu adanya di gedung H yang tak terbakar, posisinya jauh dari basement dua yang terbakar," papar Ani.

Namun Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Humas Ditjen Pajak, Mekar Satria menegaskan kalau kantornya menghentikan operasionalnya alias diliburkan hingga kondisi normal kembali pada Senin (3/8) nanti.

"Ke bakaran ini telah menutup akses ke gedung utama, sehingga kegiatan kerja yang berlangsung di sekitar gedung tersebut terpaksa berhenti," kata Mekar. (ind/ibl)

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.