Cukai Rokok Bakal Naik, Menperin Minta Menkeu Pertimbangkan Kembali

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro memiliki rencana untuk menaikkan tarif cukai rokok guna mendorong peningkatan target penerimaan perpajakan dari cukai pada tahun depan. Namun, kebijakan tersebut tampaknya bersinggungan dengan kebijakan kementerian lain.

Terkait kebijakan itu, Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin meminta agar Menkeu Bambang mempertimbangkan kembali rencana tersebut. Pasalnya, industri rokok memiliki multiplier effect terhadap penyerapan tenaga kerja sebanyak enam juta orang.

"Walaupun ekonomi global dan dalam negeri sedang melemah, namun bagaimana industri dalam negeri tetap tumbuh termasuk industri rokok," kata Saleh, ditemui usai rapat kerja bersama Komisi VI DPR RI, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (20/8/2015).

Dirinya mengimbau agar kenaikan cukai rokok jangan sampai mematikan industri rokok dalam negeri. Untuk itu, dirinya akan berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan juga ke pelaku indsutri, sehingga apa yang diputuskan dapat sejalan dengan keinginan dari para pelaku industri, utamanya Apalagi dalam situasi perekonomian yang tengah melemah ini.

"Untuk cukai ini tentu akan koordinasi dengan Kemenkeu. Tetap memperhatikan jangan sampai menyusahkan industri ini," ujarnya, seraya menambahkan bahwa secara keseluruhan pertumbuhan industri rokok bisa dikatakan tinggi, karena tumbuhnya sekitar enam persen.
ABD

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.