Ditjen Pajak Serahkan Tersangka Faktur Palsu ke Pengadilan

JAKARTA - Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan menyerahkan seorang tersangka SH alias RM ke Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan. Tersangka diduga terkait dengan kasus penggunaan faktur pajak yang tidak berdasarkan transaksi sebenarnya (faktur fiktif).

"Dalam melaksanakan tugas penegakan hukum, terpaksa kita DJP, Pada 25 Agustus kita menyerahkan tersangka RM ke kejaksaan, karena telah merugikan negara sebesar Rp16,2 miliar,"jelas Kepala Bidang P2 Human DJP Kanwil Jakarta Selatan, Yandri Manulang, di Kantor DJP, Jakarta, Kamis (27/8/2015).

Yandri menjelaskan, penyidikan terhadap tersangka SH alias RM merupakan pengembangan kasus penyidikan sebelumnya dengan tersangka MK alias ET, direksi PT MSL. MK alias ET sudah divonis bersalah karena melakukan tindak pidana di bidang perpajakan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dengan hukuman satu tahun enam bulan penjara serta denda sebesar Rp44 miliar subsider kurungan tiga bulan.

Modus operandi yang diduga dilakukan pada kurun waktu 2010-2012 oleh tersangka antara lain dengan menggunakan faktur pajak pertambahan nilai (pajak masukan) dari pihak ketiga tanpa didasarkan transaksi yang sebenarnya, dan menyampaikan SPT masa PPN yang isinya tidak benar.

"Modus ini menggunakan kredit pajak, tidak menggunakan transaksi sebenarnya alias fiktif. Dia (RM) mengkreditkan faktur pajak yang seharusnya. Itu modusnya. Modus ini yang dilakukan, tertangkaplah dia,"tuturnya.

Sesuai dengan UU perpajakan, RM diancam hukuman pidana penjara paling paling singkat dua tahun dan palaing lama enam tahun serta denda paling sedikit dua kali dan paling banyak enam kali jumlah pajak dalam faktur pajak.

Tindakan ini juga merupakan peningkatan bagi para pelaku penggunaan faktur pajak fiktif lainnya bahwa Ditjen Pajak dengan dukungan Kepolisian RI dan kejaksaan RI akan terus melakukan penegakan hukum di bidang perpajakan untuk mengamankan penerimaan negara demi tercapainya pemenuhan pembiayaan dalam APBN.

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.