DJP Jadi Badan, Butuh 5 Tahun Agar Penerimaan Meningkat Signifikan

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bakal berganti baju menjadi Badan Penerimaan Pajak di 2017. Lantas, dengan adanya badan tersebut apakah bisa menggenjot penerimaan negara melalui pajak lebih optimal?

Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA), Yustinus Prastowo mengatakan dampak adanya badan penerimaan pajak tidak bisa langsung dirasakan pada tahun lembaga tersebut benar-benar bertransformasi, artinya pada 2017 belum tentu penerimaan pajak akan bisa optimal.

"Dampak ke penerimaan tidak bisa langsung," kata pria yang akrab disapa Pras ini pada Metrotvnews.com, Selasa (11/8/2015).

Dia menambahkan, berdasarkan pengalaman di negara-negara lain yang juga memiliki badan tersendiri yang fokus mengurusi penerimaan pajak, butuh waktu lima tahun untuk meningkatkan penerimaan pajak.

"Berdasarkan negara lain dalam lima tahun pertama penerimaan akan meningkat signifikan, bisa jadi dua kali lipatnya," pungkasnya.

Seperti diketahui, penerimaan pajak tahun ini ditargetkan naik 30 persen menjadi Rp1.294,258 triliun. Namun, yang terjadi realisasi hingga Juli 2015 baru mencapai 41 persen atau Rp541,114 triliun.
SAW

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.