Pengusaha Keberatan Pemerintah Naikkan Target Pajak

Jakarta - Ketua Umum DPP Indonesian National Shipowner's Association (INSA), Carmelita Hartoto keberatan atas rencana pemerintah menaikkan target pendapatan negara melalui pajak hingga 5,1 persen. Carmelita menilai, dalam situasi ekonomi yang menurun, target pemerintah itu justru akan membebani pengusaha.

"Terus terang sangat memberatkan. Apalagi di saat tren pertumbuhan ekonomi di bawah 5 persen. Margin perusahaan akan semakin tergerus jika beban pajak meningkat. Perusahaan yang sekarang kesulitan membayar bunga bank akan semakin terpuruk," kata Carmelita di Jakarta, Minggu (16/8).

Pernyataan Carmelita menanggapi pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menyampaikan Pengantar/Keterangan Pemerintah atas RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2016 beserta Nota Keuangannya pada Rapat Paripurna Pembukaan Masa Sidang I DPR RI Tahun Sidang 2015-2016.

Saat itu, kepala negara menyatakan, dalam RAPBN 2016, pemerintah menargetkan pendapatan negara sebesar Rp 1.848,1 triliun. Dari jumlah tersebut, penerimaan perpajakan sebesar Rp 1.565,8 triliun atau naik 5,1 persen dari target APBNP tahun 2015.

Dengan penerimaan perpajakan sebesar itu, maka rasio penerimaan perpajakan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) tahun 2016 mencapai 13,25 persen.

Carmelita berharap, dalam situasi ekonomi yang melambat, akibat faktor eksternal maupun internal, pemerintah melakukan upaya strategis untuk menggerakkan ekonomi di dalam negeri. Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), lanjutnya, memberikan paket kebijakan ekonomi yang probisnis sebagai solusi pemulihan.

"Kondisi ekonomi Indonesia tahun depan belum tentu akan lebih baik daripada tahun ini. Peran besar pemerintah belum nyata dalam membelanjakan anggaran dan menarik investasi untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional," jelas dia.

Investor Daily

Novy Lumanauw/FAB

Investor Daily

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.