Target Pajak Melambung ke Rp1.565 Triliun di 2016

JAKARTA - Guna menopang Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) maka pemerintah telah menaikkan target pajak pada 2016. Adapun kenaikan terjadi yakni sebesar 5,1 persen.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pada 2016 ditargetkan pendapatan mencapai Rp1.848,1 triliun dengan pendapatan dari sektor perpajakan sebesar Rp1.565,8 triliun.

"Mengalami kenaikan 5,1 persen dari APBN-Perubahan 2015. Dengan penerimaan sebesar itu, maka rasio pajak terhadap pertumbuhan domestik bruto (PDB) diharap mencapai 13,25 persen," kata dia dalam pembacaan Nota Keuangan Rancangan APBN 2016 di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2015).

Dia melanjutkan, untuk mencapai target tersebut, maka pemerintah akan melakukan optimalisasi pajak. Meski demikian, dia meyakini cara yang ditempuh masih akan rasional.

"Optimalisasi penerimaan pajak akan dilakukan tanpa ganggu iklim usaha. Itu untuk meningkat stabilitas ekonomi nasional dalam rangka meningkatkan nilai tambah," tuturnya.

Meski demikian, dia melihat dari penerimaan bukan pajak diperkirakan masih mengalami tantangan. "Harga minyak masih menjadi masalah utama," tuturnya.

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.