Berantas Peredaran Narkotika, Peran Bea Cukai Dioptimalkan

Jakarta - Kerja sama antara Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) baru-baru ini bisa dikatakan sukses . Keberhasilan DJBC mengungkap kasus-kasus narkotika tidak terlepas dari kemampuan satuan anjing pelacak DJBC. Lebih dari tu, peran dan dukungan masyarakat dalam pelaksanaan tugas dan fungsi DJBC akan meningkatkan keberhasilan kinerja DJBC.

"Bea Cukai perlu di-support oleh masyarakat, karena tanpa masyarakat dan penegak hukum yang lain, Bea Cukai tidak akan berhasil menjalankan fungsinya. Yaitu mendukung industri dan perdagangan, melindungi masyarakat dari narkotika, dan mengumpulkan pajak," kata Direktur Jenderal DJBC Heru Pambudi dalam keterangannya terkait demonstrasi anjing pelacak di Lapangan Sempur, Bogor, Senin (14/9).

Dalam demonstrasi itu juga dihadiri Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto. Bima mengatakan bahaya narkoba yang semakin besar.

"Lapas Paledang (Bogor, Red) sekarang 80 persen isinya adalah kasus narkoba, jadi mari kita doakan teman-teman Bea Cukai semakin profesional," ucapnya.

Demontrasi tersebut merupakan rangkaian acara dalam agenda tahunan DJBC yang bertajuk Customs on The Street (COTS) yang merupakan salah satu kegiatan kehumasan yang melibatkan keikutsertaan masyarakat pada event car free day kota-kota besar.

Acara COTS sendiri untuk diadakan untuk menginformasikan kepada masyarakat bahwa lembaga Bea dan Cukai bukan hanya ada di pelabuhan-pelabuhan atau bandara saja. Namun, ada juga di kabupaten/kota, salah satunya di Bogor.

Kasubdit Humas Ditjen Bea dan Cukai Haryo Limanseto mengatakan bahwa COTS menjadi agenda tahunan sejak 2013. "Tujuan kami mengedukasi tugas dan peran dari Ditjen Bea dan Cukai," kata Haryo.

Baru-baru ini, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Madya Pabean B Bandar Lampung, Dirjen Bea Cukai, menemukan sabu-sabu 57,701 kilo gram (Kg) di Pelabuhan Panjang Bandar Lampung.

Suara Pembaruan

Yeremia Sukoyo/HS

Suara Pembaruan

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.