Di Wonogiri, Baru 5 Kecamatan yang Lunas PBB

Dok. Timlo.net/Andi Penowo

Dok. Timlo.net/Andi Penowo

(Ilustrasi) Sosialisasi pajak

Wonogiri — Kendati jatuh tempo pemungutan penarikan pajak bumi bangunan (PBB) tinggal beberapa hari lagi, atau  tepatnya 30 September 2015, namun angka penerimaan PBB di Wonogiri  baru sekitar Rp 8,3 miliar atau 67 persen dari total Rp 12,4 miliar.

"Sampai saat ini dari 25 kecamatan, baru ada lima kecamatan lunas dalam penarikan PBB. Lima kecamatan itu yakni Kecamatan Karangtengah, Nguntoronadi, Batuwarno, Bulukerto dan Jatipurno," ungkap Kepala DPPKAD Wonogiri melalui Kepala Bidang (Kabid) PBB, Surip Suprapto, Rabu (16/9).

Menurut Surip, pihaknya belakangan giat jemput bola ke desa dan kecamatan menarik PBB yang belum memenuhi target pelunasan. Selain itu, untuk merangsang kecamatan atau desa yang lunas lebih awal akan diberikan hadiah kursi lipat.

"Kita akui, lambatnya pelunasan PBB di tingkat desa terkadang lantaran ulah perangkat desa sebagai petugas di lapangan yang nakal. Sebab, dari warga atau wajib pajak (WP) umumnya sudah melunasi melalui perangkat desanya. namun ternyata setoran dari warga itu tidak langsung dibayarkan ke atas sesuai ketentuan malah dipakai untuk kepentingan pribadi," terangnya.

Ditambahkan, berhubung pajak PBB adalah uang rakyat maka bagi oknum yang terlibat penyalahgunaan wewenang harus bertanggungjawab. Di sisi lain, adanya tunggakan PBB di daerah itu sudah terjadi rutin setiap tahun yang totalnya terakumulasi antara  Rp 4 miliar – Rp 6 miliar.

"Jika memang mereka berkilah dipinjam sementara kami juga mendesak agar yang bersangkutan membuat surat penyataan kapan uang yang dipakai itu dikembalikan," tandasnya.


Editor : Marhaendra Wijanarko

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.