DJP Inginkan Usaha Wajib Pajak Lancar di TPWP 2015

“Pemerintah dan DPR sedang menggodok RUU Pajak dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Hal ini dilandasi dengan kesadaran bahwa ada tumpang tindih antara penerimaan pajak dengan PNBP,” ungkap Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kalimantan Timur, Harry Gumelar membuka Dialog Perpajakan bersama Menteri Keuangan Republik Indonesia di Balikpapan, 4 September 2015.

Dengan adanya pembahasan kedua RUU tersebut, diharapkan masyarakat tidak dibebani lagi dengan pemungutan atas penerimaan negara (pajak + bukan pajak) yang berlebihan.

Harapannya, usaha masyarakat dapat lebih berkembang lagi di masa mendatang, sehingga dapat menyumbang penerimaan negara yang lebih besar.

Dalam kesempatan tersebut Harry juga mengucapkan terima kasih kepada Walikota Balikpapan, H. M. Rizal Effendi yang telah memanfaatkan Tahun Pembinaan Wajib Pajak (TPWP) 2015 melalui pembetulan SPT sekaligus menyetorkan pajak yang kurang dibayar.

Harry sangat mengapresiasi langkah sang Walikota karena dapat menjadi contoh yang baik bagi masyarakat tentang maksud dan tujuan pemerintah menerbitkan kebijakan TPWP 2015.

Menurut Harry, TPWP 2015 tidak perlu disikapi sebagai suatu ketakutan yang berlebihan, namun sebagai peluang untuk memperbaiki kepatuhan perpajakan apabila dirasa masih ada kekurangan.

Hal ini penting untuk disampaikan kepada masyarakat luas mengingat di tahun 2016 nanti, pemerintah akan mengeluarkan kebijakan Tahun Penegakan Hukum.

Apabila masyarakat memiliki kepatuhan perpajakan yang sangat baik, maka permasalahan infrastruktur yang ada, khususnya di Kalimantan Timur, seperti listrik yang masih sering putus aliran dapat diatasi dengan baik.

Pembangunan infrastruktur merupakan fokus utama pemerintah di tahun 2015 ini, sehingga perlu mendapatkan dukungan luas dari masyarakat melalui pembayaran pajak.

Harry berharap acara yang dimaksudkan sebagai ajang silaturahmi dengan Wajib Pajak ini dapat berlangsung rutin di masa mendatang, sehingga dapat mengatasi permasalahan yang terkait dengan kepatuhan perpajakan masyarakat, karena #PajakMilikBersama.


Sumber: pajak.go.id

Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.