Fuad Bawazier: Antisipasi Pajak Terlalu Ambisius

JAKARTA - Target pajak yang ditetapkan pemerintah dalam APBN 2015 sebesar Rp1.489,3 triliun dinilai terlalu tinggi. Pasalnya, target pajak tersebut naik sebesar 39 persen dari tahun sebelumnya.

"Antisipasi pajak terlalu ambisius. Biasanya rata-rata pada semester I penerimaan pajak sudah mencapai 43 persen dari target. Sekarang untuk semester I-2015 baru 37 persen," ujar Ekonom Ahli Kebijakan Fiskal, Fuad Bawazier, di Jakarta, Rabu (2/9/2015).

Menurut dia, persentase penerimaan pajak pada semester ini menurun dari tahun-tahun sebelumnya. Dengan begitu, target pajak pada tahun ini tentu diragukan realisasinya.

"Biasanya yang terjadi selama ini pada semester II mencapai 51 persen. Kalaupun sama seperti itu berarti masih kurang. Tapi kalau kondisi perekonomian semester II masih buruk bagaimana?" pungkasnya.

Sekadar informasi, target penerimaan pajak pada tahun ini tumbuh sebesar 38,7 persen di luar PPh Migas. Padahal, sepanjang sejarah Indonesia penerimaan pajak tidak pernah mencatat pertumbuhan sebegitu besar.

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.