Gratiskan PBB Kurang Rp1 M, Ahok Kejar Pajak Sektor Usaha

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengungkapkan, Pemprov DKI akan segara mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) pembebasan pajak bumi dan bangunan (PBB) di bawah Rp1 miliar pada tahun depan.

Untuk menutupi kekurangan pendapatan pajak, Ahok menuturkan, Pemprov DKI akan mengejar pendapatan pajak di sektor usaha seperti hotel, restoran dan tempat hiburan malam lainnya.

"Nanti akan kita kejar di pajak hotel, restoran dan hiburan. Karena masih banyak pajak-pajak itu yang bohong. Kita juga kerja sama dengan UMKM karena kita gunakan pajak satu persen dari pendapatan kamu. Jadi kalau setahun dapat Rp100 juta, maka Anda bayar Rp1 juta sebulan. Nah, dari Rp1 juta itu nanti Rp200 ribu punya DKI," ujar Ahok di Balai Kota, Jakarta, Rabu (9/9/2015).

Ahok menjelaskan, kebijakan ini dilakukan agar warga Ibu Kota tidak bersedia menjual rumahnya lantaran penawaran harga yang besar untuk dijadikan usaha. Menurutnya, hal itu justru merugikan warga, lantaran PBB rumah tersebut telah digratiskan.

Menurut Ahok, pembebasan PBB di bawah Rp1 miliar merupakan cara Pemprov DKI memberikan bantuan warga ekonomi kelas menengah ke bawah di Ibu Kota namun tidak berbentuk uang.

"Makanya, kita mau bikin stimulus kita enggak kasih uang, tapi kita stimulus ke PBB," paparnya.

Pemprov DKI, kata Ahok, juga akan memberikan bantuan dengan membebaskan warga yang memiliki pendapatan UMP DKI Jakarta untuk moda transportasi Transjakarta secara gratis. Namun, papar Ahok, warga terlebih dahulu harus memiliki Bank DKI untuk dilakukan pendataan terkait besaran jumlah gaji tersebut.

"Kalau kamu mau transfer gaji kamu ke bank DKI itu nantikan terbukti nih gajinya sekian. Nah, itu akan ketahuan kamu bisa naik Transjakarta, Kopaja atau Kopami akan enggak bayar. Jadi orang miskin itu memang berat," tandasnya.

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.