Indeks Nikkei Berjaya karena Pernyataan PM Abe Soal Penurunan Pajak

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Saham Jepang langsung melambung Rabu (9/9/2015) ketika PM Shinzo Abe melayangkan komentarnya terkait rencana penurunan pajak perusahaan, yang dikatakan optimis mendukung kesepakatan perdagangan trans-Pasifik.

Dikutip dari Reuters, indeks Nikkei melambung 7,7 persen dan menutup pada 18.770,51, setelah Selasa (8/9/2015) lalu sempat merosot dan diobral.

Kenaikan itu disebabkan oleh pernyataan dari Abe yang dikatakan menyulut kembali harapan para investor akan keadaan ekonomi negara, sehingga memicu mereka untuk mengambil tawaran dan menyokong indeks Jepang.

"Pernyataan Abe memicu spekulasi bahwa ia tak akan duduk diam dan membiarkan perekonomian Jepang jatuh begitu saja. Menurut para investor, akan ada pemberlakuan 'Abenomics'," kata ahli investasi senior, Norihiro Fujito.

Menurut seorang ahli dari CLSA, Nicholas Smith, pernyataan Abe juga menandakan bahwa Abe mulai mengalihkan perhatiannya ke sektor perekonomian, setelah sebelumnya sibuk fokus ke UU keamanan yang menjadi kontroversial di Jepang.

Tak hanya pernyataan Abe, dikatakan pula melemahnya yuan ikut menjadi satu dari sejumlah penyebab mengapa indeks Nikkei melesat naik. (Reuters/Sydney Morning Herald)

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.