Jemput Bola Wajib Pajak dengan Samsat Gendong

BANDUNG - S‎istem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Jawa Barat, membuat sebuah program baru sebagai solusi untuk menjangkau para wajib pajak yang berada di pelosok daerah.

Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan (Aher) mengatakan, program yang diberi nama "Samsat Gendong" tersebut‎ akan melakukan sistem jemput bola mendatangi para wajib pajak di pelosok daerah, terutama yang jauh dari Kantor Samsat.

"Samsat itu meski ada di mana-mana, tapi tetap saja ada yang enggak bayar pajak. Makanya kita buat jurus lain, yaitu mencari masyarakat wajib pajak dengan Samsat Gendong," kata Aher usai menghadiri launching Peningkatan Pelayanan SAMSAT Tameng Ranmor di Mal Ciwalk, Kota Bandung.

Menurutnya Samsat Gendong tersebut dianggap lebih agresif menjangkau masyarakat yang berada di dataran rendah, seperti pesisir laut hingga mereka yang tinggal di kawasan pegunungan bekerja sama ‎dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

"Kita pergunakan momentum Salat Jumat untuk mengumumkan keberadaan Samsat Gendong. Ini adalah salah satu cara mengingatkan mereka tentang kewajiban membayar pajak," tuturnya lagi.

Sementara itu Kapolda Jabar, Irjen Pol Moechgiyarto mengungkapkan, keberadaan para Bhabinkamtibmas dan Babinsa sangat membantu dalam program Samsat Gendong.

"Ini masih launching pertama. Jadi kendaraan masih terbatas. Nanti kalau efektif, akan diperbanyak. Untuk uji coba, kita akan menjangkau di kota dulu, setelahnya ke seluruh daerah (Jabar)," timpal Moechgiyarto.

Nantinya, Samsat Gendong akan difungsikan oleh dua orang petugas dari sipil dan kepolisian. Dua orang tersebut akan menggunakan sepeda motor dengan membawa peraangkat pembayaran pajak yang berada dalam satu tas gendong.

Kedua petugas tersebut nantinya akan membuat sebuah stand kecil untuk melayani para wajib pajak yang akan membayar pajak kendaraan tahunan atau pun lima tahunan.

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.