Kanwil DJP Jawa Barat II Gelar Pelatihan Tenaga Penyuluh Perpajakan

Ira Koesno (Praktisi Public Relation & Media, mantan reporter dan presenter acara Liputan 6-SCTV, Sigi-SCTV dan Satu Jam Lebih Dekat-TVOne) memberikan pelatihan

Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Barat II mengadakan acara pelatihan bagi para tenaga Penyuluh Perpajakan di lingkungan kerjanya. Hadir dan menjadi peserta pada acara tersebut adalah tenaga penyuluh parpajakan yang ada di Kanwil, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) dan Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP).

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Wilayah DJP Jawa Barat II, Angin Prayitno Aji menyatakan bahwa penyuluhan adalah hal tersulit dalam proses bisnis di DJP dalam meningkatkan penerimaan pajak sebab tidak ada wewenang apapun yang terlibat disana.

Menurut Angin, berbeda dengan pemeriksa pajak, dia punya kewenangan memeriksa sehingga lebih punya daya memaksa. "Penyuluh perpajakan gak punya itu meskipun tenaga penyuluh perpajakan adalah yang terdepan dalam berhadapan dengan wajib pajak," lanjutnya.

Hadir sebagai narasumber dalam acara tersebut adalah presenter ternama Ira Koesno yang memberikan materi public speaking. Acara yang berlangsung selama 2 hari tersebut pada 20-21 Agustus 2015, bertempat di Gedung Keuangan Negara Jl. Asia Afrika No. 114 Bandung.

Menurut Ira, sebelum seseorang bisa menyampaikan maksud dan tujuannya dengan berbicara kepada orang lain, hal yang paling mendasar adalah intonasi dan vokal yang jelas yang keluar dari mulut seseorang. Ira menambahkan, seseorang tidak akan pernah dapat menangkap maksud perkataan lawan bicaranya jika lawan bicaranya tersebut tidak jelas intonasinya.

"Malah yang bisa terjadi, orang yang mendengar, mengartikan berbeda dengan yang menyampaikan," tandas Ira.

Selain Ira Koesno, hadir berbicara mengenai kekuatan media sosial dalam menyampaikan materi sosialisasi adalah Kepala KPP Pratama Bandung Cibeunying, Andi Setiawan, SE, M.Si. KPP Pratama Bandung Cibeunying sukses mengelola blog dengan viewer (pengunjung) lebih dari 900 ribu orang.

Menurut Andi, bulan September 2015, ditargetkan, pengungjung blognya akan mencapai 1 juta orang. Blog yang dikelola KPP Pratama Bandung Cibeunying adalah Ekstensifikasi423.blogspot.com.

Andi juga menyampaikan sharing mengenai kiat-kiat agar pengunjung blog mencapai ratusan ribu orang. Menurutnya, blog harus selalu update dan aktif. Minimal setiap minggu ada konten baru yang ditampilkan di blog tersebut.

"Yang paling penting juga adalah segera merespon setiap pertanyaan pengunjung. Kecepatan respon akan membuat blog akan selalu ramai pengunjungnya," jelas Andi.


Sumber: pajak.go.id

Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.