Kenaikan Cukai Pengaruhi Kemampuan Lini SKT

ilustrasi

indopos.co.id – Salah satu pabrikan besar rokok di Indonesia PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk (HMSP) menyatakan keberatan terhadap rencana pemerintah yang menaikkan penerimaan cukai sebesar 23 persen. Sebab, kebijakan tersebut akan memukul lini sigaret keretek tangan (SKT) yang selama ini melibatkan banyak pekerja.

"Kami sedang melakukan negosiasi agar ke naikan tarif cukai tidak sampai 23 persen ke pemerintah karena dampaknya akan terasa ke lini SKT (sigaret keretek tangan)," kata Pres dir PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk (HMSP) Paul Janelle di Surabaya, (7/9).

Dalam Rancangan Anggaran Pokok Belanja Ne gara (RAPBN) 2016, pemerintah menargetkan kenaikan cukai 23 persen dari penerimaan 2015 yang mencapai Rp 139,1 triliun. Pada 2016, pemerintah menargetkan penerimaan cukai Rp 148,9 triliun.

"Kenaikan cukai yang wajar adalah 7 persen. Kalau sudah mencapai 23 persen, akan berdampak pada banyak hal," jelas Janelle. Salah satu dampaknya adalah penurunan pendapatan petani. "Apalagi, pasar SKT selama tiga tahun terakhir ini mengalami penurunan," lanjutnya.

Menurut dia, HMSP selama ini memiliki seki tar 77 ribu karyawan untuk memproduksi SKT. Jumlah tersebut hampir mencapai 90 persen dari total karyawan HSM yang tercatat 85 ribu orang. "Tersebar di 43 pabrik, terma suk MPS (Mitra Produksi Sigaret). Selain berdampak terhadap pendapatan petani maupun karyawan, kenaikan cukai akan membuat peredaran rokok ilegal semakin marak," lanjutnya.

Berdasar penelitian tahun lalu, negara mengalami kerugian Rp 5-6 triliun dengan adanya rokok ilegal. Sesuai laporan keuangan terbaru, HMSP hingga Juni 2015 telah menyumbang cukai Rp 25,83 triliun. Jumlah tersebut membuat HMSP menjadi salah satu penyumbang cukai terbesar dengan persentase sekitar 18,6 persen.

Sementara itu, HMSP kembali mengadakan Pusat Pelatihan Kewirausahaan (PPK) Sam poer na Expo 2015 yang melibatkan pelaku usa ha kecil menengah (UKM) di Surabaya. Di sela pembukaan PPK pada Sabtu (5/9), Ja nel le menyatakan, sumbangan UKM dalam perekonomian nasional selama ini cukup besar. (vir/c22/agm/jpnn)

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.