Kenapa Gayus Bisa Keluyuran? Ini Kata Komisi III DPR

Rabu, 23 September 2015 − 20:50 WIB
Kenapa Gayus Bisa Keluyuran Ini Kata Komisi III DPR
Terpidana kasus pajak, Gayus Tambunan (Sindophoto)
JAKARTA - Komisi III DPR menilai ada beberapa faktor yang menjadi pemicu kasus keluyurannya terpidana kasus pajak, Gayus Tambunan.

Adapun faktor itu antara lain manajemen lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan negara (rutan) dan tingkat kesejahteraan aparat sipir penjara.

Saat ini Gayus menempati Lapas Gunung Sindur setelah sebelumnya menjadi penghuni Lapas Sukamiskin, Bandung.

Pemindahan Gayus buntut dari beredarnya foto dirinya yang sedang berada di rumah makan di Jakarta pada Rabu 9 September 2015. (Baca: Begini Proses Pemindahan Gayus Tambunan ke Gunung Sindur)

Wakil Ketua Komisi III DPR Mulfachri Harahap menilai aksi Gayus merupakan rentetan dari sekian masalah yang terjadi di dalam lapas.

Menurut dia, bukan kali ini saja Gayus bisa melenggang keluar lapas. Dia menilai ulah tersebut tidak hanya dilakukan Gayus tapi ada beberapa terpidana lain.

"Kita harus jujur betapa rapuhnya mental aparat sipir penjara di Indonesia. Dasarnya karena memang mereka tidak memperoleh insentif yang layak. Artinya ulah Gayus terjadi bukan soal ada satu atau dua aparat yang nakal," tutur Mulfachri di Jakarta, Rabu (23/9/2015).

Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional DPR ini memisalkan, seorang sipir penjara diberi uang intensif Rp50 ribu per satu malam saat bertugas.

Sementara di sisi lain oknum sipir tergoda untuk mendapatkan kesejahteraan yang tidak diberikan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) melalui Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas).

Menurut Mulfachri, situasi tersebut jelas tidak mudah. Tanggung jawab yang tidak sebanding dengan tingkat kesejahteraan sipir penjara menjadi faktor pemicu.

Selain pembenahan mental dan kesejahteraan sipir, Mulfachri melanjutkan, kasus Gayus akan terulang kalau tidak ada niat baik dari pemerintah untuk memperbaiki manajemen lapas.


PILIHAN:


Mantan Penasihat KPK Minta Menkumham Mundur

(dam)
dibaca 1.248x

Follow :

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.