KPP Pratama Sumbawa Besar Sosialisasikan Aspek Perpajakan Keuangan Desa

Bertepatan dengan bulan kemerdekaan Indonesia yang ke 70, KPP (Kantor Pelayanan Pajak) Pratama Sumbawa Besar menyelenggarakan sosialisasi perpajakan di Aula lantai 3 Gedung Sekretariat Daerah Kabupaten Sumbawa Barat pada hari Kamis, 20 Agustus 2015.

Sosialisasi yang berlangsung dari pagi hingga sore ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama adalah Sosialisasi Aspek Keuangan Perpajakan Keuangan Desa kepada Kepala Desa dan Bendahara Desa se-Kabupaten Sumbawa Barat, sedangkan sesi kedua adalah Pengukuhan Agen Pajak 913 bagi Juru Pungut PBB-P2 se-Kabupaten Sumbawa Barat.

Sesi pertama yang diikuti Kepala Desa dan Bendahara Desa se-Kabupaten Sumbawa Barat dibuka oleh Penjabat Bupati Kabupaten Sumbawa Barat, DR. Ir. Abdul Hakim, M.M. Dalam sambutannya beliau menekankan kepada seluruh peserta sosialisasi agar berkomitmen penuh untuk melaksanakan ketentuan perpajakan dan hukum dalam menjalankan tugas sehari-hari terkait pengelolaan dana desa agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di masa mendatang.

Kabupaten Sumbawa Barat memperoleh Dana Desa sebesar kurang lebih Rp 16 miliar dan Alokasi Dana Desa sebesar Rp 18 miliar. Kepala KPP Pratama Sumbawa Besar, Wisnu Indarto. juga memberikan sambutan pada sesi pertama.

Indarto menegaskan bahwa sosialisasi ini merupakan kegiatan koordinasi dengan semua kepala dinas yang diundang untuk mengamankan penerimaan negara dari penggunaan Dana Desa. Indarto juga menekankan pentingnya bendahara desa untuk memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) agar dapat menjalankan hak dan kewajiban perpajakannya dengan baik.

Indarto menambahkan bahwa KPP Pratama Sumbawa Besar telah berkoordinasi dengan Kantor Pos Sumbawa Besar sebagai salah satu tempat penerima setoran pajak dengan harapan dapat membantu desa yang berada di daerah yang jauh agar dapat menjalankan kewajiban perpajakannya dengan baik.

Sesi pertama dihadiri oleh beberapa undangan dari institusi lain yang juga bertindak sebagai pemateri seperti Kepala Kejaksaaan Negeri Sumbawa Besar, Sugeng Hariadi, S.H., M.H.; Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Sumbawa Besar, Eka Sabana, S.H.; Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM-PD) Kabupaten Sumbawa Barat, Ibrahim, S.Sos.; perwakilan Inspektorat Daerah Kabupaten Sumbawa Barat, Drs. Marwan M.PerM.; serta Kepala Dinas Pendapatan dan Keuangan Daerah (DPPKD) Kabupaten Sumbawa Barat, Ir. M. Amin Sudiono.

Materi yang disampaikan antara lain mengenai Pemaparan Singkat Pengelolaan Keuangan Desa, Pemaparan Aspek-Aspek Perpajakan pada Pengelolaan dan Pemanfaatan Keuangan Desa, dan Pemaparan Penegakan Hukum dalam Pengelolaan Keuangan Desa. Setelah sesi pertama berakhir, sosialisasi dilanjutkan ke sesi kedua dengan kegiatan Pengukuhan Agen Pajak 913 untuk Juru Pungut PBB-P2 se-Kabupaten Sumbawa Barat.

Seperti halnya pengukuhan Agen Pajak 913 sebelumnya untuk Juru Pungut PBB-P2 di Kabupaten Sumbawa, Agen Pajak 913 yang berada di Sumbawa Barat dapat menjadi mitra KPP Pratama Sumbawa Besar dalam memberikan informasi yang ada di lapangan. Kode angka 913 menunjukkan kode wilayah kerja KPP Pratama Sumbawa Besar yang meliputi Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat.

Sesi kedua dibuka oleh Kepala KPP Pratama Sumbawa Besar, Wisnu Indarto. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya bekerja dengan kejujuran dan integritas tinggi bagi Agen Pajak 913. Pada sesi kedua ini semua juru pungut yang hadir mengikuti rangkaian acara kegiatan pembacaan dan penandatanganan pakta integritas secara serentak. Pengukuhan juga disimbolkan dengan penyematan seragam Agen Pajak 913 yang telah disiapkan oleh panitia.

Dengan adanya pengukuhan Agen Pajak 913, KPP Pratama Sumbawa Besar dan Agen Pajak 913 diharapkan dapat saling bekerja sama secara optimal dalam rangka mengamankan penerimaan negara. Pada sesi kedua ini, Kepala Bidang Pendapatan Dinas Pendapatan dan Keuangan Daerah (DPPKD) Kabupaten Sumbawa Barat, Nurullah B.A. memberikan pemaparan singkat kepada Agen Pajak 913 mengenai Hak dan Kewajiban Juru Pungut.

Selain itu, beberapa pemateri dari KPP Pratama 913 juga menyampaikan beberapa materi lain seperti Pengantar Informan Pajak, Aktivitas dan Tata Cara Ekstensifikasi WP baru dan PPN KMS, serta Hak dan Kewajiban Agen Pajak 913.


Sumber: pajak.go.id

Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.