Lepas Tanah Sukarela, Pemerintah Bebaskan Pungutan Pajak

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah bakal membebaskan pungutan pajak atau Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) untuk masyarakat yang dengan sukarela menyerahkan tanah atau lahan mereka pada negara guna kepentingan pembangunan infrastruktur.

"Karena pemberian tanah dari masyarakat ke negara tentu bukan penghasilan, kita bebaskan BPHTB-nya. Itu bukan penghasilan. Kan cuma sekali. Kalau penghasilan setiap bulan. Jadi artinya pengenaan BPHTB menjadi tidak pas," kata Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan, di Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Selasa (22/9/2015).

Selain itu, jelas Ferry, bagi masyarakat yang secara sukarela melepas tanah tanpa harus melakukan perlawanan maka pemerintah akan mendahulukan uang ganti rugi atas aset mereka yang dipindahkan haknya menjadi aset negara.

"Kalau mereka melepas tanpa ribut-ribut, yang pasti pembayarannya kita dahulukan," ujar dia.

Ferry mengatakan, rencananya kebijakan tersebut akan dituangkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) tentang Proyek Prioritas Pemerintah. Saat ini, para menteri terkait sedang menyelesaikan finalisasi peraturan tersebut.

Dalam mempercepat proyek strategis, masih kata Ferry, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional juga akan mempercepat penyediaan lahan yang selama ini dibiarkan menjadi proses yang tidak kunjung dituntaskan.

Misalkan, contoh Ferry, ketika sudah terjadi kesepakatan harga namun tidak kunjung ada pembayaran dan dibiarkan selama bertahun-tahun maka akan menjadi masalah. Dia menganalogikannya seperti tawar menawar di pasar.

"Contoh, kita pergi ke pasar kita tawar menawar suatu barang, sudah sepakat harganya kita tinggalin, kita tidak bayar. Kan marah penjualnya. Itulah saya ibaratkan," pungkasnya.
ABD

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.