Mulai 1 September 2015, PKP di KPP Madya Medan Wajib Menggunakan e-Faktur

Setelah diberlakukannya Faktur Pajak berbentuk elektronik (e-Faktur) bagi seluruh Pengusaha Kena Pajak (PKP) yang dikukuhkan pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di wilayah Jawa dan Bali, maka berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pajak nomor KEP-08/PJ/2015 tanggal 30 Januari 2015, Direktorat Jenderal Pajak mewajibkan PKP yang terdaftar pada 5 (lima) KPP Madya untuk membuat Faktur Pajak berbentuk elektronik untuk penyerahan Barang Kena Pajak dan/atau Jasa Kena Pajak mulai tanggal 1 September 2015. KPP Madya Medan, yang merupakan unit vertikal di bawah Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sumatera Utara I, termasuk salah satu dari lima kantor yang ditetapkan dalam Keputusan Direktur Jenderal Pajak tersebut.

Oleh karena itu, bertepatan dengan saat mulainya penggunaan e-Faktur di KPP Madya Medan, Kepala Kanwil DJP Sumatera Utara I, Harta Indra Tarigan, mengadakan Siaran Pers untuk memberitakan hal tersebut kepada masyarakat, khususnya Wajib Pajak di lingkungan Kanwil DJP Sumatera Utara I. Beliau juga mengingatkan agar PKP di KPP lain bersiap-siap untuk menggunakan e-Faktur pada 01 Juli 2016. Sosialisasi dan pelatihan kepada Wajib Pajak telah dimulai dari sekarang agar para PKP memiliki persiapan yang baik sebelum saatnya diwajibkan menggunakan e-Faktur.

Dalam kesempatan ini, Kepala Kanwil DJP Sumatera Utara I juga menyampaikan bahwa dalam rangka mengamankan penerimaan negara, telah dibentuk Satuan Tugas (Satgas) Faktur Pajak Tidak Berdasarkan Transaksi yang Sebenarnya (FPTBTS). Tidak lupa beliau menghimbau agar Wajib Pajak segera memanfaatkan fasilitas PMK-91 dan PMK-29, mengingat batas waktu yang tinggal 4 bulan. Dengan upaya maksimal dari Satgas FPTBTS dan diberlakukannya e-Faktur Pajak bagi PKP di KPP Madya Medan serta pemanfaatan Tahun Pembinaan Wajib Pajak yang maksimal oleh Wajib Pajak, diharapkan dapat meminimalisasi tindak pidana di bidang perpajakan dan mampu mengamankan penerimaan negara karena #PajakMilikBersama.


Sumber: pajak.go.id

Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.