NasDem Dorong RUU Tembakau untuk Melindungi Petani

Metrotvnews.com, Jakarta: Rencana pemerintah menaikkan target penerimaan dari cukai hasil tembakau dalam Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2016 sebesar 23 persen menjadi Rp148,85 triliun menuai komentar negatif.

Pasalnya, kenaikan cukai akan berdampak buruk bagi kelangsungan industri rokok nasional. Harga rokok yang tak kompetitif akan mengubur perusahaan rokok di bawah ekonomi yang tengah lesu.

Anggota Komisi IV Fadholi turut berkomentar mengenai naiknya patokan tarif cukai pemerintah. Ia menilai, pemerintah harus bersandar pada level ekonomis harga rokok yang mampu dibeli konsumen. Dengan cukai tinggi, ia khawatir produsen rokok tak bisa lagi menjual barangnya ke konsumen.

Menurutnya, alangkah baiknya jika pemangku kepentingan duduk bersama membahas besaran tarif cukai. Hal itu penting, mengingat industri rokok saat ini menopang tak kurang dari enam juta pekerja. Bisa dibayangkan, efek domino yang akan terjadi jika pemerintah mengambil keputusan sepihak yang tidak tepat.

"Perlu ada suatu pembahasan bersama antara pemerintah, DPR, dan juga mendengarkan aspirasi masyarakat. Dari semua itu yang akan terdampak dan menderita itu adalah petani," ungkapnya dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (10/9/2015).

Lebih lanjut, dia menjelaskan posisi petani sebagai pihak paling rentan dalam kebijakan yang akan diambil pemerintah. Hal ini bisa dilihat dari mata rantai perdagangan rokok menempatkan pihak perusahaan sebagai penentu harga bahan baku tembakau.

Ketika kenaikan cukai bergulir membuka kemungkinan bagi perusahaan untuk memaksa petani menjual tembakau dengan harga yang sangat murah. Kondisi ini telah berlangsung sekian lama, sehingga perlu adanya perlindungan bagi keberlangsungan nafkah para petani tembakau.

Fadholi menyebutkan, Fraksi NasDem mendorong RUU tembakau untuk disahkan segera mungkin di DPR. Keberadaan perangkat hukum itu akan dilengkapi dengan standar harga tembakau, sehingga bisa menjadi jaring pengaman bagi petani tembakau.

"Kami di Komisi IV dan Fraksi NasDem mendorong RUU Tembakau ini segera terbit. Jadi berapa pun tarif cukai, harga tembakau akan stabil," tutupnya.

SAW

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.