Penertiban Reklame Berdampak Positif pada PAD

PENERTIBAN: Aparat UPPD Kecamatan Sawah Besar menurunkan reklame bermasalah, kemarin

indopos.co.id – Guna menegakkan Perda Nomor12 tahun 2012 tentang Pajak Reklame, Pemerintah Kota Jakarta Pusat melalui Unit Pelayanan Pajak Daerah (UPPD) Kecamatan Sawah Besar menertibkan reklame neon box di gedung Harco Mangga Dua, Kelurahan Mangga Dua, Jakarta Pusat, kemarin (10/9).

Kepala UPPD Kecamatan Sawah Besar Yuspin mengatakan, penertiban reklame dilaksanakan agar berdampak positif pada Pendapatan Asli Daerah (PAD). Selain itu sebagai bentuk shock therapy, sehingga para wajib pajak semakin taat. "Nantinya pajak tersebut akan dikembalikan kembali untuk masyarakat dalam bentuk pendidikan, kesehatan, pembangunan dan lain sebagainya," ujar dia.

Yuspin menegaskan, penertiban reklame neon box di gedung Harco Mangga Dua direncanakan mencakup 212 titik reklame. Sebanyak 88 titik reklame sudah terdaftar. Dengan kata lain, telah terjadi peningkatan kesadaran para pengusaha. Penertiban reklame berlangsung dua hari, yakni 10-11 September 2015. Pada hari pertama, para wajib pajak reklame di area Harco Mangga Dua menyambut positif dan merespon tindakan UPPD.

"Terbukti dengan terdaftarnya 35 titik reklame dan membayar pajaknya, ungkap dia. Dari 89 titik reklame di kawasan tersebut, sebanyak 26 reklame telah habis masa berlaku dan tidak diperpanjang. Sisanya tidak mempunyai izin, sehingga tim penertiban terpadu UPPD Sawah Besar harus membongkar paksa reklame neon box tersebut. Sebelum melakukan penertiban reklame in door itu, telah disosialisasikan kepada para pengusaha. Yakni dengan melayangkan surat pemberitahuan. "Sehingga reklame yang melanggar dibongkar," tegas Yuspin.

Target penerimaan pajak reklame tahun 2015 untuk wilayah Sawah Besar yakni mencapai Rp 33.374.000.000, dan baru terealisasi sampai dengan pertengahan Agustus sebesar Rp 4.753.689.187 atau 14.24 persen. Karena itu, untuk meningkat PAD pajak reklame di wilayah Sawah Besar, diberikan kemudahan dengan cara potongan pajak sebesar 50 persen.

Sementara itu, Kepala Satpel Pendataan dan penilaian UPPD Sawah Besar Yustinus Puspa Cahyo mengungkapkan, penertiban reklame berlangsung dua hari dengan menerjunkan 25 personel. Terdiri dari anggota TNI, Polri, Satpol PP dan unsur UPPD. Peneriban berjalan kondusif. "Alhamdulillah penertiban berjalan lancar dan kondusif," tukas dia. (wok)

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.