Presiden Guatemala mundur sebelum ditangkap karena korupsi

Merdeka.com - Presiden Guatemala Otto Perez Molina yang terbelit skandal gratifikasi, menyatakan mundur dari jabatannya. Pengumuman itu dia sampaikan hanya beberapa jam setelah Jaksa Agung Guatemala mengeluarkan surat perintah penahanan atas Molina.

Jaksa Agung Thelma Aldana mengatakan telah ada cukup bukti bahwa sang presiden merupakan otak di balik skema manipulasi bea cukai senilai jutaan dolar.

"Presiden memilih mundur untuk menghadapi dakwaan yang dialamatkan padanya," ucap Juru Bicara presiden, seperti dikutip dari BBC, Kamis (3/9).

Molina mundur menjelang pilpres pada 6 September mendatang. Seandainya tidak ada kasus, dia dilarang maju lagi sesuai aturan konstitusi Guatemala.

Untuk sementara Wakil Presiden Alejandro Maldonado mengemban tanggung jawab kepresidenan hingga presiden baru dilantik pada 14 Januari mendatang.

Maldonado baru menempati jabatannya pertengahan Mei lalu. Wapres Guatemala sebelumnya, Roxana Baldetti, lebih dulu mengundurkan diri lantaran terlibat tuduhan gratifikasi yang sama dengan Presiden Molina.

Hingga saat ini belum diketahui kapan perintah penahanan kepada sang presiden akan dilakukan kepolisian.

Molina adalah presiden ke-36 Guatemala. Sebelum masuk ke arena politik, pria 64 tahun ini lama berkarir sebagai pejabat bidang intelijen di militer Guatemala.

Pengunduran diri Molina menjadi puncak kisurh politik negara di Amerika Tengah itu selama sepekan terakhir. Dua hari lalu, Kongres Guatemala sudah mencabut UU yang mengatur kekebalan hukum presiden. Dengan manuver parlemen, Molina bisa diajukan ke meja hijau.

Beberapa bulan terakhir, warga Guatemala telah berunjuk rasa menuntut pengunduran diri Molina. Kasus yang terungkap tahun lalu itu memberi indikasi bahwa ada banyak pengusaha dekat dengan presiden mendapat kemudahan impor. Mereka tidak perlu membayar bea masuk maupun cukai untuk komoditas berbahaya seperti alkohol dan bahan kimia.

Baca juga:
Wali kota cantik ini suka korupsi dan urus kotanya via WhatsApp
Begini gaya hidup mewah wali kota cantik doyan korupsi di Brasil
Ini 4 sosok wali kota cantik tapi korup di seluruh dunia




[ard]

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.