Realisasi Pajak Daerah Pekalongan Capai Rp17,09 Miliar

Metrotvnews.com, Pekalongan: Realisasi perolehan pajak daerah Kota Pekalongan, Jawa Tengah (Jateng), hingga akhir Agustus 2015 mencapai Rp17,09 miliar atau setara 67,56 persen dari target sebesar Rp24,66 miliar.

Kepala Bidang Pajak dan Retribusi Daerah Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan, dan Aset Daerah (DPPKAD) Kota Pekalongan Eko Purwanto mengatakan realisasi pajak daerah tersebut diperoleh dari delapan kelompok pajak.

"Oleh karena itu, kami optimistis target pajak sebesar Rp24,66 miliar pada tahun ini akan terlampaui," katanya, di Pekalongan, Kamis (10/9/2015).

Sebanyak delapan kelompok pajak tersebut, kata dia, antara lain dari sektor penerangan jalan umum (PJU), hiburan, air tanah, perparkiran, perhotelan, dan restoran. "Adapun nominal pajak terbesar diperoleh dari sektor penerangan jalan umum sebesar Rp11,29 miliar," jelasnya,

Menurut dia, DPPKAD optimistis dengan sisa waktu sekitar tiga bulan ke depan target pajak daerah 2015 akan tercapai karena tingkat penyampaian pajak dari para Wajib Pajak (WP) juga semakin membaik.

Sementara itu, Kepala Seksi Statistik dan Distribusi Badan Pusat Statistik Kota Pekalongan Arie Wardono mengatakan tingkat inflasi pada Agustus 2015 turun 0,36 persen dibanding bulan sebelumnya sebesar 0,62 persen. Penurunan inflasi secara keseluruhan dengan penyumbang terbesar kelompok pendidikan karena memasuki tahun ajaran baru.

Menurut dia, inflasi terjadi karena dari kelompok pendidikan mencapai di angka 2,3 persen yang idealnya hanya 0,5 persen. "Kelompok lain, seperti bahan makanan, perumahan, sandang, dan rekreasi, mengalami inflasi sekitar 0,03-0,45 persen yang dinilai masih wajar," pungkasnya.
ABD

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.