Sanksi Dihapus, Kesadaran Wajib Pajak Meningkat

timlo.net/setyo pujis

Petugas penelaah keberatan Kanwil DJP Jawa Tengah II saat memberikan materi kepada anggota Kadin Soloraya

Solo – Permohonan pengurangan dan penghapusan sanksi administratif dari wajib pajak (WP) di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jawa Tengah II meningkat jika dibandingkan tahun lalu. Peningkatan tersebut terjadi baik untuk WP badan maupun orang pribadi.

"Untuk tahun lalu dari 18 petugas penelaah keberatan kita masing-masing hanya menangani sekitar 100 kasus, namun untuk saat ini meningkat hingga 200 kasus," ujar Penelaah keberatan Kantor Wilayah (Kanwil) DJP Jawa Tengah II, Warsito Dwiatmojo kepada wartawan saat ditemui disela acara sosialisasi pajak di kantor Kadin Soloraya, Selasa (15/9).

Dirinya mengatakan, peningkatan permohonan dari wajib pajak tersebut tidak lepas dari gencarnya upaya sosialisasi mengenai Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No 29/PMK.03/2015 dan No 91/PMK03/2015. Dimana dalam aturan tersebut diatur tentang pengurangan atau penghapusan sanksi bunga penagihan atau denda bagi para wajib pajak, baik badan maupun orang pribadi yang telat melaporkan SPT.

"Oleh karena itu kedepan upaya sosialisasi akan terus kita lakukan, agar WP semakin paham akan hak dan kewajibannya," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Bimbingan dan Penyuluhan Kanwil DJP Jawa Tengah II, Minarjo dalam kesempatan yang sama juga menyampaikan, jika dengan adanya kebijakan pemerintah tersebut diharapkan adanya pertumbuhan kesadaran dari para wajib pajak.

"Karena kita tahu bahwa pajak adalah sumber terbesar dari dana APBN. Sehingga dengan adanya fasilitas ini harapan kita kesadaran WP bisa semakin meningkat," tandasnya.


Editor : Wahyu Wibowo

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.