Seorang Wanita Pembawa 4 Kg Sabu Tertangkap di Perbatasan RI-Papua Nugini

TRIBUNNEWS.COM, JAYAPURA - Petugas Bea dan Cukai Jayapura menggagalkan upaya penyelundupan narkotika jenis sabu-sabu seberat 4 kilogram yang dibawa seorang ibu yang berinisial MZ (40) di Pos Bea dan Cukai Perbatasan RI - Papua Nugini (PNG) di Skouw Wutung, Jayapura, Selasa (15/9/2015) sore.

Sabu seberat 4 kilogram tersebut ditaksir bernilai Rp 1,5 miliar yang dibawa MZ (40) dengan menggunakan dua buah koper dari Papua Niugini.

Kepala Kantor Bea dan Cukai Jayapura, Encep Dudi Ginanjar mengatakan tertangkapnya MZ berawal dari kecurigaan petugas Bea dan Cukai Wutung, ketika melihat indikasi aneh dua koper milik pelaku saat melewati mesin X-Ray.

"Karena melihat keanehan dari koper yang sudah dimodifikasi, petugas lalu membuka koper dan menemukan 4 paket sabu masing-masing jenis amfetamin dan metafetamin," jelas Encep dalam keterangan pers di Jayapura, Selasa (15/9/2015) malam.

Dari pemeriksaan awal, menurut Encep, MZ mengaku baru pertama kali mencoba menyelundupkan narkotika dari Papua Nugini dan rencananya akan dikirim ke Jakarta melalui Jayapura.

"Kami menduga MZ sudah beberapa kali menyelundupkan narkotika dari PNG. Dari hasil pemeriksaan terhadap warga Ciamis, Jakarta Timur tersebut, MZ positif sebagai pengguna narkotika," jelas Encep.

Menurut Encep, pihaknya sudah menyerahkan MZ bersama barang bukti sabu seberat 4 kilogram ke Polda Papua untuk menjalani proses pemeriksaan lebih lanjut.

Atas perbuatannya, jelas Encep, MZ melanggar Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Bidang Humas Polda Papua, Kombes Patrige Renwarin membenarkan penangkapan seorang wanita berinisial MZ di Kantor Bea dan Cukai Perbatasan RI-PNG di Wutung.

"Dibantu anggota Polsek Muara Tami dan Satgassus kemudian dilakukan pembongkaran koper dan menemukan benda berbentuk serbuk putih. MZ langsung diamankan ke Mapolda dengan pengawalan anggota Polsek Muara Tami," jelas Patrige. (Kompas.com/Alfian Kartono)

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.