Tim Gabungan BPOM dan Polda Jateng Gerebek Distributor Kosmetik Ilegal

timlo.net/achmad khalik

Puluhan boks kosmetik ilegal yang berhasil disita petugas gabungan

Karanganyar — Tim gabungan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Semarang bersama dengan Polda Jateng, Bea Cukai serta Satpol PP menggerebek sebuah kantor distributor kosmetik dikawasan Perumahan Fajar Indah, Jalan Melati XV RT 06/ RW 08 Baturan, Colomadu, Karanganyar, Kamis (3/9) siang. Penggerebekan dilakukan, sejak pukul 13.00 hingga pukul 16.30 sore. Dari hasil penggerebekan tersebut, tim menyita sejumlah barang bukti produk kosmetik ilegal.

"Tim kami melakukan penyidikan dan pemeriksaan. Hasilnya, kami menemukan sejumlah produk ilegal mulai dari kosmetik hingga obat-obatan. Bahkan, ada pula obat tradisional," terang Kabid Pemeriksaan dan Penyidikan BPOM Semarang, Zetarina Puji Astuti.

Produk ilegal yang ditemukan, kata Zetarina, tidak memiliki ijin edar serta mayoritas barang impor dari negara Amerika dan Tiongkok. Timnya menemukan sedikitnya 150 item produk kosmetik maupun obat-obatan dari distributor yang berada diperumahan elit tersebut.

"Kalau gak ada ijin berarti gak ada jaminan aman. Sehingga berbahaya jika sampai beredar dipasaran. Apalagi, iklim di Indonesia berbeda dengan negara pembuat kosmetik ini," katanya.

Rencananya, lanjut Zetarina, barang bukti yang disita tersebut akan dibawa ke Polda Jateng untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Pemiliknya perorangan, kami masih lakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap barang bukti yang disita," terangnya.


Editor : Wahyu Wibowo

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.