DJP Selenggarakan Workshop Penagihan Pajak 2015

Ganjar Pranowo, Gubernur Jateng

Penagihan pajak adalah upaya terakhir Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dalam mengamankan penerimaan pajak. Hal tersebut dilakukan melalui pencairan tunggakan pajak yang signifikan akan sangat menunjang jumlah penerimaan pajak.

Ujung tombak dalam proses penagihan ini adalah para Juru Sita Pajak, oleh karena itu Direktorat Pemeriksaan dan Penagihan merasa perlu untuk selalu meningkatkan kompetensi para Juru Sita Pajak, salah satunya dengan mengadakan Workshop Penagihan.

Tahun 2015, Workshop Penagihan diselenggarakan di kota Surakarta, sehingga Kantor Wilayah (Kanwil) DJP Jawa Tengah 2 dapat dikatakan sebagai tuan rumah acara ini, workshop ini dilaksanakan selama 3 hari yaitu mulai dari Rabu-Jumat, tanggal 16-18 September 2015 bertempat di Hotel Novotel, Surakarta dengan mengambil tema “Tepat Menembak, Integritas dan Kecepatan Menentukan Keberhasilan Penagihan Pajak”.

Hari Pertama workshop ini diisi dengan materi mengenai Softskill dan Teknik Komunikasi Jurusita Pajak yang dibawakan oleh Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Pengawasan Pajak, Puspita Wulandari, dilanjutkan materi yang dibawakan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Dalam acara ini Puspita menyoroti tentang Integritas dan Pengabdian Untuk Bangsa serta Negara bagi seluruh pegawai Direktorat Jenderal Pajak. Hari kamis, atau hari kedua acara ini diisi oleh narasumber yang tidak kalah menarik dan berkompeten dibanding dengann hari pertama, ada 4 materi di hari ini yaitu dukungan dan kerja sama Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dengan Direktorat Jenderal Pajak Dalam Rangka Penagihan Pajak yang disampaikan oleh Imam Suyudi yang merupakan Direktur Bina Narapidana dan Pelayanan Tahanan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan.

Selanjutnya Tinjauan Hukum Terkait Penagihan Pajak oleh Djangkung Sudjarwadi, Praktisi Pajak. Materi ke-3 yaitu Aspek Legal untuk Penyitaan Atas Kepemilikan Tanah dan/atau Bangunan untuk Pelunasan Utang Pajak oleh Erna Sriyatmi, SH, MH, selaku Kepala Subdirektorat Pejabat Pembuat Akta Tanah Direktorat Pengaturan Hak Tanah Ruang, dan PPAT, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional.

Dan materi terakhir tentang Dukungan Direktorat jenderal Kekayaan Negara dalam Rangka Pelelangan Aset Sitaan Pajak Untuk Pelunasan Utang Pajak yang dibawakan oleh Laesintje Wilar selaku Kepala Subdirektorat Bina Lelang I, Direktorat Lelang, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara.

Hari terakhir diisi dengan materi yang menyangkut Pemahaman dan Penerapan Hukum Terkait Penagihan Pajak oleh Febby Mutiara Nelson (Pakar Hukum Pidana UI) dilanjutkan dengan Pemahaman dan Penerapan Pendampingan Pengamanan Penerimaan Negara dari Sisi Penagihan Pajak yang disampaikan oleh Ahmad Wijaya (Direktur Tindak Pidana Korupsi, Badan Reserse Kriminal, Kepolisian Republik Indonesia).

Acara dilanjutkan dengan sharing tentang kebijakan penagihan pajak tahun 2015 dan pelaksanaan penyanderaan penanggung pajak. Pada sesi terakhir workshop diisi dengan evaluasi acara Workshop Penagihan Pajak sekaligus penutupan oleh Lindawaty yang merupakan Kepala SubDirektorat Penagihan Direktorat Jenderal Pajak.

Dengan adanya workshop penagihan ini diharapkan dapat menambah wawasan semua pihak yang terlibat, utamanya dalam menyongsong tahun 2016 yang ditasbihkan sebagai tahun penegakan hukum.


Sumber: pajak.go.id

Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.