DJP Tangkap 130 WP Faktur Fiktif Senilai Rp147 Miliar

BALIKPAPAN — Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kalimantan Timur akan menertibkan dan klarifikasi kepada 130 wajib pajak yang diindikasi menggunakan faktur pajak fiktif nominal senilai Rp147 miliar. Klarifikasi ini dilakukan Satgas Penangan faktur pajak yang tidak berdasarkan transaksi sebenarnya (fiktif)

"Faktur fiktif ini masuk dalam perbuatan pidana sesuai dengan Pasal 39A huruf a tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan tapi kita masih gunakan PMK no 91 yakni bagi wajib Pajak yang melakukan perbaikan pelaporan akan dimaafkan sambil melakukan pelunasan. Ini bentuk pembinaan yang kita lakukan kepada wajib pajak," terang Kepala Kanwil DJP Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara Harry Gumelar, di kantornya, Kamis (1/10/2015).

Dia mengungkapkan sampai dengan 30 September baru 49 wajib pajak yang kami panggil untuk memperbaiki faktur fiktif ini. Menurutnya masih ada waktu tiga bulan untuk WP melakukan perbaikan atas pelaporan pajak menggunakan faktur fiktif.

"Setelah akhir Desember 2015 kita gunakan pasal pidana. Paling sedikit dua tahun dan paling lama enam tahun. Serta denda 150 persen dengan membayar pokok pajak," katanya

Dia mengatakan ke-130 wajib pajak yang menggunakan faktur pajak fiktif ini tersebar di tujuh kantor pelayanan pajak di Kalimantan Timur dan Utara, di antaranya Balikpapan, Samarinda, Bontang, Tanjung Redeb, dan Tenggarong.

Dari sisi nominal, kerugian yang disebabkan oleh faktur pajak fiktif itu memang tidak mempengaruhi penerimaan pajak secara signifikan di Kaltim. Sampai dengan hari ini tambah Harry, penerimaan pajak di Kaltim baru 49,21 persen dari target, atau sekitar Rp11,5 triliun lebih.

"Mempengaruhi secara signifikan memang tidak, tapi tindakan fraud seperti ini penyakit yang harus dicegah dan diberantas. Penerbit faktur fiktif ini memang jaringan bisa dari Jakarta, jaringan nasional," tukasnya.

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.