Minuman Bersoda Diusulkan Kena Cukai

Metrotvnews.com, Jakarta: Anggota Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Iskan Qolba Lubis mengusulkan agar pemerintah memperluas objek pajak. Salah satu perluasan tersebut adalah minuman bersoda yang dirasa perlu dikenakan cukai.

Menurut Iskan, hal ini sebagai inisiatif baru untuk mencari alternatif penerimaan negara di kala target penerimaan perpajakan khususnya nonmigas direvisi lebih rendah sebesar Rp12,8 triliun. Apalagi, di negara maju seperti Amerika Serikat (AS), minuman bersoda masuk dalam kategori yang membahayakan.

"Harus dipajakin (kena cukai), di AS karena membahayakan dikasih pajak tinggi," kata Iskan, dalam rapat Panja Penerimaan Badan Anggaran DPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (30/9/2015).

Selain itu, Iskan juga meminta agar pemerintah menaikkan tarif cukai alkohol. Menurut dia, di Indonesia tarif cukai alkohol terlalu murah. Padahal, alkohol merupakan objek yang merugikan efeknya karena bisa membuat orang mabok dan berpotensi membahayakan orang lain.

Ia mengungkapkan, karena kedua minuman tersebut mengganggu kesehatan dikhawatirkan malah membuat anggaran kesehatan yang seharusnya digunakan untuk tujuan tepat, malah jadi melenceng dan membuat rugi.

"Nanti dana BPJS malah habis buat mengobati orang-orang itu. Saya usul keduanya harus di-exercise untuk menutupi kerugian negara," jelas dia.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Heru Pambudi menyatakan pihaknya terbuka terhadap usulan tersebut dan akan menjadi catatan untuk dipertimbangkan ke depannya.

"Filosofi cukai barang konsumsi dibatasai, peredaran dikendalikan, enggak merusak lingkungan. Kami jadikan pertimbangan minuman bersoda akan diikenajkan cukai. Kami akan berkoordinasi dengan Kemenkes, karena mereka yang memberikan prinsip konsumsi dibatasi," pungkas Heru.
ABD

sumber



Share

& Comment

0 comments:

Post a Comment

No SPAM, SARA, Pornography, Gambling

 

Copyright © 2015 Soal Pajak™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.